Rangkuman Melahirkan baby Keisha

Hmm, berhubung ada postingan ini .. rasa2nya kok ga adil ya kalo ga ada rangkuman soal Keisha 🙂 Jadi pengen bikin juga rangkuman proses kelahiran Keisha buat dibaca2 kapan2 .. Nah, ini rangkumannya:

  • Tanggal 13 Februari 2012 uda berasa sakiit banget di daerah bawah, karena si baby Kei uda masuk panggul jalan lahir .. tapi berhubung hari senin dan kamis itu jadwal senam hamil, jadi gue tetep jalan (sengaja perbanyakin jalan, biar cepet lahiran) dari rumah ke hermina deket rumah buat senam .. walaupun jalan ke hermina uda pelan2 banget, soalnya kaki jadi sering berasa keseleo karena ada tekanan si baby Kei
  • Tanggal 14 Februari 2012 pas tidur malam tuh selalu kebangun hampir tiap jam .. karena anyeng2an terus 😦 jadi bulak balik ke WC .. akhirnya sekitar jam 4 pagi pas lagi pipis ternyata ada flek .. langsung rasanya seneng ga karuan. Tapi berdasarkan pengalaman Alif dulu, walaupun uda ada flek, tapi belum ada kontraksi, jadi masih berasa santai .. pikir2 lagi, nanti aja deh ke RS-nya pas uda ada kontraksi, atau pas Dino bangun aja .. Jadi balik lagi buat tidur
  • Jam 5 kok tiba2 berasa kontraksi .. di rasa2 beberapa kali uda mulai teratur tiap 10 menit sekali. Langsung bangunin Dino, dia langsung sigap ganti baju masukin tas ke mobil, gue bikin roti dulu buat bekel, kabarin orang rumah, trus cabcus ke RS bunda margonda. di jalan berasa aga2 miris, soalnya malemnya uda janji buat nemenin Alif main ke mesjid .. eeh, malah jadi harus ke RS dan terancam nginep di RS 😦
  • Dari di mobil sampai ke RS, kontraksi terus rutin tiap 10 menit sekali. Sms dr Ivan untuk kabarin kondisi uda kontraksi tiap 10 menit sekali dan lagi otw ke RS. Dr Ivan bales akan di observasi dulu sama suster.
  • Jam 6 di RS langsung masuk ke ruang bersalin, di CTG sama suster .. tapi si baby Kei aga2 bandel, susah banget cari detak jantungnya, jadi hasil CTG ga ada yang bener n di ulang2 terus 😆 eh tapi ternyata yah begitu sampe di RS, kontraksi malah ga teratur .. ngeledek banget ya :p
  • Jam 8 dicek bukaan, baru bukaan 2. Berhubung ngerasa feeling lahiran masih lama, paling malem baru keluar .. Jadi berusaha istirahat lagi, tidur2an ..
  • Jam 11 dicek bukaan lagi, ternyata maju jadi bukaan 4. Rasa kontraksi makin asoy .. bulak balik ke WC terus pengen pipis. Kangen sama pecel ayam barel, akhirnya minta dibeliin pecel ayam barel sama Dino buat makan siang, padahal sih dapet makan siang dari RS .. Maklum, pengalaman waktu lahiran Alif rasanya sampe lemes bangeeet, jadi sekarang berusaha makan yang banyak buat persiapan energi 😉 Dapet kabar dari dr Ivan kalo just in case ga bisa datang pas gue waktunya melahirkan, uda minta dr Dian buat gantiin dia. Gue uda pasrah aja, karena baca twitternya uda tau, dia lagi kongres, jadi kalo gue lahiran siang/sore pasti dia ga bisa .. Tadinya sih gue pikir juga gue bakal lahiran paling cepet malem .. abis uda siang aja masih bukaan 4 .. eh ternyataaa seperti yang orang2 bilang .. anak ke-2, 3, 4, dst mah lebih cepet keluarnya .. anak pertama doang yang lama!
  • Jam 12 makan siang sambil meringis ringis nahan kontraksi yang datang dan pergi sesuka hati sekitar 5 menit sekali .. kalo kontraksi dateng, jadi ga napsu makan, berenti dulu makannya, ringis2 dikiiiit .. pas uda ga kontraksi langsung buru2 makan, daripada keburu kontraksi lagi dan jadi ogah makan 😛 uda gitu makan sambel pecel ayam barel yang pedesnya mantap, kayanya makin bikin kontraksi deh *apa ini sugesti gue aja ya* Jadi inget kurang lebih kata kaka ipar gue kemaren pas kita lagi bahas soal melahirkan anak ke-2 .. ‘uda tau sakitnya kontraksi pas mau melahirkan kaya gini, kok masih mau ya hamil lagi’ 😆
  • Jam 2 bokap dateng buat jenguk dan nongkrong di ruang bersalin karena disuruh nyokap nemenin gue, nyokap pas gue kasih tau uda terlanjur berangkat ke kantor, jadi dia cuma nelpon nasehatin ‘tenang aja .. yang penting ambil napas dan ga usah teriak pas melahirkan’ dan mengutus bokap buat nemenin .. padahal sih gue ga suka melahirkan ditemenin ortu, cukup suami aja. Kasian ortu kalo ngeliat gue meringis2 karena mules, males juga dinasehatin dan alasan terakhir, gue gengsi 😆 Akhirnya berhubung dino uda ngurus2 booking kamar, gue suruhlah bokap untuk nunggu sambil istirahat di kamar rawat inap *maksut hati emang buat ngusir juga, kaya waktu mau lahiran alif, bokap nyokap dino kekeuh mau nungguin di ruang bersalin .. akhirnya gue kirim juga ke kamar rawat inap* Lagian, di ruang bersalin itu ngebosenin kok, ga ada tv, cuma tempat tidur, alat ctg sama wastafel .. kalo di kamar rawat inap kan enak ada tv-nya. Trus gue inget blom minta surat jaminan kantor, langsung bbm-in ninid buat minta tolong bikinin surat jaminan .. trus masih sempet bbg-an juga
  • Ga lama abis gue suruh bokap ke kamar dan bbm-an, tiba-tiba sekitar jam 2.30 .. wets, berasa ada ajakan buat ngeden dari si baby kei .. Langsung sumringah banget gue .. semangaaat banget karena akhirnyaaaaaah tiba juga saatnya gue ketemu mahluk mungil dalem perut  ^_______^ *dan mengakhiri penderitaan kontraksi, trust me .. ngeden pas melahirkan itu ga ada rasanya, karena uda ngerasain kontraksi berjam2 .. malah bikin lega banget*  langsung panggil suster .. di cek bukaan, ternyata uda bukaan 8. Langsung suster buru2 panggil dokter dian dan ajak gue pindah ke ruang tindakan .. Gue langsung aja semangat turun dari tempat tidur, jalan ke ruang tindakan sampe si dokternya bilang ‘wah bu, uda bukaan 8  masih bisa gagah begini jalan sendiri’ hehe, karena biasanya ke ruang tindakan itu didorong suster pake kursi roda .. di inget2 dulu pas alif emang pake kursi roda sih, tapi ini karena terlalu semangat kali ya, jadi langsung pengen pindah aja ke ruang tindakan .. Dr Dian cek sebentar dan kayanya memutuskan untuk praktek lagi sebentar karena bukaan gue blom sempurna dan blom siap buat ngeden
  • Di ruang tindakan, masih atur2 napas .. nahan ngeden *karena blom bukaan 10* .. minum teh anget .. Oh iya, kali ini gue memutuskan melahirkan normal instead of waterbirth kaya pas alif .. bukan karena waterbirth ga enak .. sebenernya sih enakan waterbirth, karena pas kontraksi di siram2 air hangat itu lumayan bikin nyaman *tapi tetep ga ngilangin rasa mulesnya yah* .. cuman masalahnya, kalo waterbirth ga dicover sama asuransi dino .. sedangkan gue uda bertekad kalo bisa lahiran kali ini ga pake nambah2an, karena duitnya lumayan buat nabung dana pendidikan hekekekek 😛 minta surat jaminan dari kantor gue juga cuma buat jaga2 kalo ternyata gue butuh untuk tindakan SC .. asuransi dari dino cover SC-nya dikit banget dibanding kantor gue .. Jadi soal biaya melahirkan uda gue pikirin dari jauh2 hari gimana sampe worst case-nya.
  • Jam 3 kurang dikit *ga inget buat liat jam juga  kayanya waktu itu* rasa pengen ngeden uda ga bisa ditahan2, napas juga uda susah diatur, langsung tanya suster ‘dokternya mana, uda ga tahan pengen ngeden banget’ .. pas diliat lagi, ternyata bukaan uda sempurna, jadi buru2lah si suster panggil dokter dan mandu gue buat ambil posisi ga cantik buat lahiran kaya yang diajarin pas senam hamil.. ternyata susah banget ya booook lagi ribet2 ambil napas disuruh pegang dua kaki dan lebarin jalan lahir *bahasa halus buat ngangkang hehehehe* kayanya dulu pas waterbirth ga ribet banget, karena dibantuin susternya yang megangin 2 kaki gue
  • Ngeden pertama, air ketuban baru pecah .. bener2 pecah kaya balon isi air meletus gitu loh, gue kaget denger suara kaya balon pecah .. trus suster sama dokter baru bilang ‘naah, ketubannya baru pecah .. uda keliatan tuuh rambutnya’ uuuh aaaah uuuh aaaah ambil napas lagi sambil dipandu suster  .. denger dokternya cerita ke suster dia tadi ninggalin pasiennya yang uda di tempat tidur buat diperiksa pas dipanggil suster buat bantu gue lahiran
  • Ngeden kedua ga cukup kuat, cuma bikin kepala kei keluar dikiiiit .. ambil napas lagi .. suster cek detak jantung beby Kei, takut dia stress .. disemangatin sama dokter dan suster ‘ayo buuu uda keliatan tuh kepalanya’ trus dokternya ngomong ke dino ‘pak sini pak mau liat ga, uda keliatan tu kepalanya’ sementara si Dino cerita pas abis lahiran ternyata dia horor banget ngeliat dari samping kepala si baby Kei ‘nyangkut’ dan berdarah2 huakakakkakakak .. kalo pas lahiran Alif, dia nungguin di belakang gue, jadi senderan gue, jadi dia ga gitu ngeliat tuh proses keluarnya alif .. kalo ini, dia nungguin di samping kiri gue, jadi keliatan bangetlaaah
  • Ngeden ketiga *ato keempat ya, lupa* jam 3 lewat 7 menit akhirnya keluarlah si baby Kei dengan panjang 49 cm dan berat 3,2 kg .. sambil dibungkus baby Kei langsung ditaro di dada buat imd 🙂 rasanya jangan ditanya .. ga bisa diungkapkan dengan kata2 .. sambil imd, dr Dian berusaha keluarin ari2, karena rada susah, perut gue pake diguncang2 segala .. mayan deh rasanya .. trus abis keluarin ari2, dijait deh .. rasa sakit keluarin ari2 sama bius lokal ketutup sama senengnya bisa ngeliat si baby Kei di dada :mrgreen:
baby Kei

baby Kei

  • Abis selesai semua, diobservasi dulu 2 jam sebelum di bawa ke kamar rawat inap .. berusaha tidur, tapi ga bisa, jadi deh mainan bb aja sambil ngabar2in kalo baby kei uda lahir 😉 senyam senyum berdua sama dino, akhirnya uda punya anak ke-2 .. lucu juga ..
  • Abis magrib gue uda di bawa ke kamar inap, uda ada bokap nyokap dino plus alif yang nunggu .. trus ga lama dateng deh yang lain buat jenguk .. tapi sayang belum bisa ketemu baby Kei, karena diobservasi dulu 6 jam
  • Jam 11 malam akhirnya baby Kei dianter ke kamar buat rooming in .. Bahagiaaa banget rasanya bisa mulai nyusuin baby Kei .. apalagi alif juga nginep di situ, karena ga mau pulang sama bokap nyokap dino .. dan ga mau sama nyokap gue juga .. Jadi kita berempat kumpul semua 🙂 Alhamdulillah ya Allah atas semua anugrah yang engkau berikan

Leave a Reply

