Belajar Jadi Ibu

Karena gue tinggal di rumah mertua, biasanya yang mikirin belanjaan sama masakan itu mertua gue … dan kalaupun dia pergi untuk waktu yang tidak ditentukan, biasanya dia uda nyetok supply makanan (daging, ayam, telor, minyak goreng, dll yang bisa disimpen) yang cukuplah buat yang ditinggal di rumah (gue+dino+mba). Biasanya untuk makanan sehari2 si mba tinggal beli sayuran dan masak lauk yang sudah distok sama mertua 😉 Nah, diluar biasanya … kali ini dia uda meninggalkan rumah selama sebulan, jadi supply makanan pastilah sudah habis bis bis 😛

Pertama-nya sih, si mba ga bilang sama gue, kalo supply makanan uda abis … gue taunya gara2 pas gue lagi ngidam banget burger home made yang bisa di customize ketebalan dagingnya … Jadi gue iseng2 belanja daging giling dan bikin burger sendiri, trus mulailah gue bikin burger sambil nge-‘gratak’ dapur mertua :mrgreen: Ternyata oh ternyata, kulkas stok makanan uda kosong 😯 *di sini gue jarang banget buka kulkas, karena ga ada cemilan-nya .. paling isinya buah, itu juga gue yang beli 🙂 *

Ke-trigger dari burger yang lumayan sukses (walaupun jadinya aga2 menciut, tapi untuk rasa lumayanlah 😆 ) Jadi gue lebih meng-explore resep2 yang ada di internet … Sampe akhirnya mampir ke resep keluarga nugraha dan menemukan resep bikin ayam goreng mentega yang bumbu2nya simple dan ga rumit bikinnya 😉 Abis nyatet resep, beli bahan2nya di supermarket 😀 hehe, berhubung itu baru hari rabu, jadi ga mungkin belanja ke pasar. Soalnya kan kalo ke pasar musti pagi, ga mungkin banget gue sebelom ngantor ke pasar dulu :mrgreen: Di supermarket sekalian beli ampela, bakso sama telor (yang ternyata harganya murahan di supermarket daripada di pasar) buat bertahan sampe hari sabtu.

Pas hari sabtu akhirnya dianterin suami tercinta ke pasar sunter untuk belanja bahan makanan. Karena ini pertama kalinya gue ke pasar itu, jadi gue minta ditemenin mba untuk belanja2 di situ, soalnya gue takut nyasar 😛 Oh iya, pas malem sabtu-nya, gue nelpon nyokap gue dulu untuk tanya2 harga2 daging, ayam, ikan, telor, bawang, dll .. biar ntar pas di pasar bisa nawar :mrgreen: Akhirnya dengan di guide sama si mba dan bekel harga2 dari nyokap, gue berhasil beli daging sengkel 1/2 kilo (30ribu), tetelan 1/2 kilo (15ribu), ayam 1 ekor yang sedeng (20ribu), udang laut 1 kilo yang aga kecil (35ribu), bawang putih 1/2 kilo (3ribu), bawang merah 1/2 kilo (6ribu .. sebel deh lagi mahal banget si bawang merah ini), tahu tempe (6ribu), telor asin 3 butir (4500), jambu klutuk buat dijus 1 kilo (6ribu), salak 1/2 kilo (4ribu) sama stoberi satu plastik (7ribu).

Belajar dari pengalaman pertama belanja ke pasar, mulai sekarang gue jadi suka merhatiin harga2 barang2 pokok n lauk. Biar tau mana yang lebih murah antara pasar sama supermarket … Soalnya untuk beberapa item, lebih murah di supermarket daripada di pasar. Kemaren aja pas beli telor di supermarket, harganya 13.500/kilo … sedangkan pas gue tanya di pasar, harganya 14ribu/kilo. Trus pas gue beli daging giling di supermarket, harganya 54ribu/kilo, sedangkan di pasar 65ribu/kilo. Lumayan kan bedanya … Sebenernya sih gue lebih suka belanja di pasar tradisional *makanya gue dulu suka banget nganterin nyokap gue ke pasar kalo pas wiken*, soalnya di pasar tradisional banyak pilihan dan semuanya bisa ditawar … Tapi ya gitulah, musti tau2 harga 😉

Eniwey … Alhamdulillah … exciting banget ternyata jadi ibu2 😀 mulai dari ngitung2 budget, bingung2 belanja, belajar masak, bingung musti masak apa … Iiih, bikin jadi tambah ga sabar banget pengen punya anak dan rumah sendiri biar beneran jadi ibu :mrgreen:

2 Comments

  1. indahariawan said,

    January 20, 2009 at 5:12 pm

    amiiin ciiin 🙂

  2. titie said,

    February 18, 2009 at 4:07 pm

    hiiihiii si eneng … ke pasar juga dia akhirnya… 🙂

    jangan kaget gitu ah… yg lagi naik daun sekali niy si tomat … dulu mah sekilo bisa dapet 4 rb… kemaren tumben2 nya bisa sampe 10-11 rb .. 😦

    telur fluktuatif harganya .. di supermarket relatif lebih stabil.. tapi di warung ato di pasar, beda hari bisa beda harga .. (secara konsumsi telur di keluarga kecil mungil gw sebulan bisa 4 kg :p)

    heeheee…
    daging… kalo pas nemu diskon bisa lebih murah di supermarket, daging gilingnya juga ada dua macam, yg biasa ato yg special (minim lemak), tapi kalo di pasar dagingnya ga pake es2an.. dateng dech pagi2.. jadi masih bagus2…
    ayam juga banyak yg baru motong, jadi masih seger …

    hiiihiiihiii…
    selamat datang di dunia ibu2…
    tapi emang kok.. setelah gw jadi ibu2, gw jadi seneng sama pasar traditional… palagi kan suka nemu jajanan2 aneh…
    becek siy.. tapi in total.. selisih belanjanya ma supermarket bisa buat sekali gw jalan makan di luar ma anak gw … :p


Leave a Reply

