Solo Trip Part 2^^

Sambungan dari Solo Trip Part 1 … πŸ™‚

Day 3

Hari sabtu pagi masih dalam rangka berleyeh-leyeh setelah menghabiskan waktu dan tenaga di imogiri, jadi ga ke mana2 πŸ˜› siangnya, sekitar jam 10an kita berangkat ke musium keraton solo .. Maklum, masih dalam rangka menyambut gue di Solo, jadi pada mau aja nganter gue keliling keraton ^^ lagian, ternyata si mami sama Dino aja yang sering ke Solo ternyata blom pernah masuk musium keraton-nya, padahal tiap mau ke rumah selalu ngelewatin gerbang-nya πŸ˜†

Pas nyampe di keraton, musti beli tiket masuknya dulu … kalo ga salah si 3500 per-orang … Trus setelah beli tiket, mbak yang jaga nawarin untuk pake guide … Tapi berhubung uda ada sepupu papi yang emang lumayan tau soal keraton dan sejarah keraton solo, jadi kita ga masuk pake guide πŸ˜‰ Di dalem keraton enaaaak banget suasana-nya … adem ^^

Taman Musium Keraton Solo

Taman Musium Keraton Solo

musium keraton solo 1

Musium Keraton Solo 1

Pas masuk, langsung ketemu sama halaman yang luaaas banget … di sebelah kirinya ada banyak ruangan … Ruangan yang pertama tempat penyimpanan benda2 bersejarah kaya dandang nasi yang cuma dipake setiap 8 tahun sekali (sampe sekarang loh), piring2, kendi2, sampe miniatur pakaian keraton ala cewe/cowo … Di ruangan itu yang menarik perhatian gue sama dino adalah sebuah dayung … Dayung yang panjangnya kira2 4 meter! Gile yak, dayung-nya aja panjangnya 4 meter, gimana perahunya πŸ˜› Jadi itu ceritanya adalah dayung yang dipake perahu untuk jemput calon istrinya raja … dan foto yang disamping kiri dayung (kiri atas), itu kepala perahu-nya … serem ya πŸ˜›

Musium Keraton Solo 2

Musium Keraton Solo 2

Trus di ruangan yang kedua ceritanya tempat untuk nyimpen benda2 bekas peperangan … ada meriam, pedang, keris, tombak … ada miniatur peperangannya juga ^^ Trus, nyambung sama ruangan yang kedua, ada benda2 upeti gitu *aga ga ngerti juga si itu apah πŸ˜› * sama kereta kuda … Trus pas keluar ruangan ini ada sumur tempat semedinya emm kalo ga salah si PB I *lupa πŸ˜› * sekarang sumur itu uda dibikinin pendopo bagus … dan airnya masih ada loh … Bersih dan dingin ^^

Musium Keraton Solo 3

Musium Keraton Solo 3

Kalo di ruangan ketiga, ada banyak alat angkutan untuk putri2 keraton … Bentuknya mirip kaya yang tempat nyimpen upeti2 di atas, tapi lebih besar πŸ˜‰ jadi yang kaya di film2 itu loh, yang cewenya masuk di tempat kaya pendopo kecil, trus nanti digotong sama banyak orang … nah … banyak banget tuh yang kaya gitu … Wah, ukiran2nya bagus dan unik ^^ uda gitu keliatan kayu-nya ga sembarangan, makanya masih awet sampe sekarang πŸ˜‰

Musium Keraton Solo 4

Musium Keraton Solo 4

Naaah,Β  abis itu ke ruangan panjang yang paling terakhir … isinya berbagai kesenian ala Solo … ada berbagai macam pendopo di SoloΒ  … berbagai macam keris, topeng, alat kesenian, wayang … bahkan ada miniatur dalang lagi maen wayang ^^ trus selain itu ada lukisan yang menggambarkan adat menikah ala Solo .. dari mulai yang lempar sirih, cuci kaki suami, suami nuang beras (memberi nafkah istri), dll .. ada juga miniatur penganten ala Solo πŸ˜‰ menarik banget deh pokonyaΒ  ^^ Oh iya, terakhir ga lupa dong, ada juga silsilah sama sejarah Kerajaan Surakarta (Solo).

Taman pasir

Taman pasir

Naaaaah, akhirnya sampe deh di pemberhentian terakhir di Musium Keraton Solo ^^ yaitu tempat hmmm apa yah namanya … istana-nya kali yak πŸ˜› tempatnya ini dikelilingin sama taman yang berpasir ala pantai parangtritis … bayangin aja, jaman dulu … bangun tempat ini aja musti pake ngambil pasir di parangtritis … bawanya berapa lama tuh ya baru selesai? 😐 bagian utamanya tempat ini adalah pendoponya … tapi ini uda ga asli lagi sih .. karena dulu sempet kebakaran, jadi uda dipugar menjadi sedemikian bagusnya πŸ™‚ uda gitu, ada lagi menara yang konon tempat ketemunya PB sekian *gatau tepatnya PB berapa πŸ˜› * dengan nyi loro kidul … Di sekeliling taman pasir ini banyak banget pohon sawo kecil (gatau namanya apa) … buahnya kaya melinjo, tapi rasa sawo πŸ˜†

Sama Dino

Sama Dino

Abis foto2 sebentar di situ … trus kita jalan2 di PGS (Pusat Grosir Solo), sayang banget ga ke pasar klewer, padahal gue penasaran si pasar klewer itu kaya apa … pas lewatin sih kayanya seru ^^ sebagaimana pasar tradisional gitu, rapet2 dan penuh dengan orang πŸ™‚ tapi berhubung si mami pengennya ke PGS dan dia merekomendasikan sekali si PGS ini, jadilah … kita pergi ke PGS … Si PGS ini ga jauh beda sama ITC yang ada di Jakarta, cuma isinya tiap lantai kebanyakan batik ^^ jadi di situ ada deh tu segala macem bentuk batik .. dari yang murah, sampe yang mahal … nah, gue lagi di sini nong, pas lo nelpon ^^

Sayangnya lagi, gue di situ ga bisa lama2, paling cuma sejam gitu deh … Soalnya si mami uda kecapekanΒ  dan dia kebelet pup πŸ˜† jadilah, kita pulang deh … Alhasil, gue cuma sempet beliin daster buat nyokap, trus baju buat kaka ipar, sama baju buat gue … ga sempet beli oleh2 apa2 buat cins, maaf yaaaa 😐 oleh2nya cerita ini aja ya πŸ˜› abis itu makan siang dulu di rumah sama istirahat sebentar … Trus melanjutkan perjalanan buat beli oleh2 makanan …

Pertama kita ke pasar kadipolo … Ini pasar tradisional-nya Solo yang jual sayur/daging2an gitu … Si mami beli kerupuk kulit yang untuk sayur di sini … naaah, gue ikut2an deh beli kerupuk kulit buat di rumah depok ^^ trus pas keluar dari pasar, ada mbok2 yang jual sate gitu … karena si mami ngeliat kayanya gue penasaran banget sama sate itu, jadilah mami berbaik hati beliin gue sate si mbok2 ^^ Satenya itu ternyata sate sapi sama sate tempe … harganya muraaaah banget … gue beli 2000 aja untuk berdua sama dino, isinya uda banyak … lontong + 5 sate sapi + 5 sate tempe … 2000 gitu loh! di Jakarta mana bisa makan sate dengan 2000 rupiah? πŸ˜† Sate sapinya biasa aja, tapi sate tempe-nya ENAAAK banget! tempenya halus gitu, ga ada butiran2 kedelainya .. trus rasanya kaya daging πŸ˜› kira2 bentuknya kaya gini (yang di bawah, yang alus ga kaya tempe) … enak banget deh pokonya ^^ Abis dari pasar kadipolo, kita ke pusat belanja oleh2 MESRAN ^^ namanya kaya oli aja ya πŸ˜† di situ rameee banget … mau beli aja musti pake teriak2, kalo ga ga bakal dilayanin πŸ˜›

Sate + Gorengan

Sate + Gorengan

Yaaak, setelah seharian muter2 beli oleh2 … Malemnya kita pergi ke tempat sodaranya mami trus makan nasi kucing + aneka sate/gorengan di tempat tinggal mami dulu (sekarang uda jadi mal) sambil ngobrol2 seru sama sodara2nya mami πŸ™‚ abis itu pulang deh … nyiapin tenaga untuk besoknya … acara sukuran ^^

4 Comments

  1. avriesa said,

    September 4, 2008 at 4:24 pm

    beuh, jadwal roadshownya padat bener pit! πŸ˜€

  2. Dennita said,

    October 7, 2008 at 5:01 pm

    pit, nasi kucing itu apa sih? kedengerannya syerem..

  3. clarischa said,

    December 13, 2008 at 7:44 am

    eh sempat ke puri mangkunegaran ga ?

  4. afta said,

    May 22, 2010 at 11:50 am

    @dennita : nasi kucing tu, nasi plus sambel sak ndulit plus bandeng goreng sak cuil dbungkus daun pisang,begono loch… ckikikik


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: